RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
:
SMP Pajajaran Bandar Lampung
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas/Semester
: VII/Genap
Materi
Pokok : Sistem Organisasi
Kehidupan
Topik :
Alokasi
Waktu : 4 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit
.A.Kompetensi Inti
·
KI1 dan KI2:Menghargai
dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai
dan menghayati perilaku jujur,disiplin,santun,percaya diri,peduli, danbertanggung
jawabdalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, dan kawasan regional.
·
KI3:Memahami dan menerapkan pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan
spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentangilmu
pengetahuan,teknologi,seni,budayadengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan
kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·
KI4:Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secarakreatif, produktif,kritis,mandiri,kolaboratif,
dan komunikatif, dalam ranah konkret dan
ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori.
.B.Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
.3.6 Mengidentifikasi sistem organisasi kehidupan
mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama penyusun sel
|
.3.6.1 Menyebutkan tingkatan hierarki kehidupan.
.3.6.2 Menjelaskan tentang sistem.
.3.6.3 Melakukan pengamatan sel dengan menggunakan
mikroskop.
.3.6.4 Melakukan pengamatan jaringan dengan
menggunakan mikroskop.
.3.6.5 Menjelaskan pengertian organ.
.3.6.6 Membedakan antara jaringan, organ, dan
sistem organ.
.3.6.7 Menjelaskan konsep sistem organ dan
organisme.
.3.6.8 Menyebutkan 3 contoh sistem organ yang
menyusun organisme.
.3.6.9 Memiliki keterampilan berbicara di depan
kelas melalui kegiatan presentasi hasil projek sel.
|
.4.6 Membuat model struktur sel tumbuhan/hewan
|
.4.6.1 Peserta didik dapat melakukan kerja ilmiah
di sekolah/laboratorium
.4.6.2 Peserta didik dapat melakukan pengamatan sel
dengan menggunakan mikroskop.
.4.6.3 Peserta didik dapat melakukan pengamatan
jaringan dengan menggunakan mikroskop.
|
.C.Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat :
o
Menyebutkan
tingkatan hierarki kehidupan.
o
Menjelaskan
tentang sistem.
o
Melakukan
pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop
o
Melakukan
pengamatan jaringan dengan menggunakan mikroskop
o
Menjelaskan
pengertian organ
o
Membedakan
antara jaringan, organ, dan sistem organ
o
Menjelaskan
konsep sistem organ dan organisme
o
Menyebutkan
3 contoh sistem organ yang menyusun organisme
o
Memiliki
keterampilan berbicara di depan kelas melalui kegiatan presentasi hasil projek
sel.
o
Peserta
didik dapat melakukan kerja ilmiah di sekolah/laboratorium
o
Peserta
didik dapat melakukan pengamatan sel dengan menggunakan mikroskop.
o
Peserta didik
dapat melakukan pengamatan jaringan dengan menggunakan mikroskop.
.D.Materi Pembelajaran
Sistem Organisasi Kehidupan
• Sel
• Jaringan
• Organ
• Sistem
organ
• Organisme
.E.Metode Pembelajaran
o Pendekatan :
Scientific
o Metode :
Diskusi dan Eksperimen
o Model :
Discovery Learning
.F.Media Pembelajaran
v Media :
Ø Worksheet atau
lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Laboratorium IPA sekolah
Ø Perpustakaan sekolah
v Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan
tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Slide presentasi (ppt)
.G.Sumber Belajar
Ø Buku IPA Kls VII Kemdikbud
Ø Buku lain yang menunjang
Ø Multimedia interaktif dan
Internet
.H.Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
|
Pertemuan
Ke-1 (3 x 40 Menit)
|
||
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
|
|||
Guru
:
|
|||
Orientasi
|
|||
●
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan
YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran
|
||
●
|
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
|
||
●
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
|
||
Aperpepsi
|
|||
●
|
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman
peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
|
||
●
|
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
||
Motivasi
|
|||
●
|
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
||
●
|
Apabila
materitema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :
|
||
|
Konsep
Organisasi Kehidupan
|
||
|
|||
●
|
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
|
||
●
|
Mengajukan
pertanyaan
|
||
Pemberian
Acuan
|
|||
●
|
Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada
pertemuan saat itu.
|
||
●
|
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung
|
||
●
|
Pembagian
kelompok belajar
|
||
●
|
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||
Kegiatan Inti ( 90 Menit )
|
|||
Sintak Model Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
||
Stimulation
(stimullasi/ pemberian rangsangan) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
materi Konsep Organisasi Kehidupan dengan cara :
|
|||
→
|
Melihat
(tanpa atau dengan Alat)
|
||
|
Menayangkan
gambar/foto/video yang relevan.
|
||
→
|
Mengamati
|
||
●
|
Lembar
kerja materi Konsep Organisasi Kehidupan
|
||
●
|
Pemberian
contoh-contoh materi Konsep Organisasi Kehidupan untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
|
||
→
|
Membaca.
|
||
|
Kegiatan
literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan Konsep Organisasi Kehidupan
|
||
→
|
Menulis
|
||
|
Menulis
resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Konsep Organisasi Kehidupan
|
||
→
|
Mendengar
|
||
|
Pemberian
materi Konsep Organisasi Kehidupan oleh guru.
|
||
→
|
Menyimak
|
||
|
Penjelasan
pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi :
|
||
|
Konsep
Organisasi Kehidupan
|
||
|
|
||
|
untuk
melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan,
ketelitian, mencari informasi.
|
||
Problem
statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) |
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
|
|||
→
|
Mengajukan
pertanyaan tentang materi :
|
||
|
Konsep
Organisasi Kehidupan
|
||
|
|
||
yang
tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan
kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk
pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
|
|||
Data
collection (pengumpulan data) |
KEGIATAN LITERASI
|
||
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah
diidentifikasi melalui kegiatan:
|
|||
→
|
Mengamati
obyek/kejadian
|
||
|
Mengamati
dengan seksama materi Konsep Organisasi Kehidupan yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya.
|
||
→
|
Membaca
sumber lain selain buku teks
|
||
|
Secara
disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai
referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman
tentang materi Konsep Organisasi Kehidupan yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Aktivitas
|
||
|
Menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Konsep Organisasi Kehidupan yang sedang dipelajari.
|
||
→
|
Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
|
||
|
Mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Konsep Organisasi Kehidupan yang telah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.
|
||
|
|
||
COLLABORATION (KERJASAMA)
|
|||
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
|
|||
→
|
Mendiskusikan
|
||
|
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Konsep Organisasi Kehidupan
|
||
→
|
Mengumpulkan
informasi
|
||
|
Mencatat
semua informasi tentang materi Konsep Organisasi Kehidupan yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar.
|
||
→
|
Mempresentasikan
ulang
|
||
|
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri Konsep Organisasi Kehidupan sesuai dengan pemahamannya.
|
||
→
|
Saling
tukar informasi tentang materi :
|
||
|
Konsep
Organisasi Kehidupan
|
||
|
|
||
dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh
sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok
kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk
mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain,
kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui
berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar
sepanjang hayat.
|
|||
Data
processing (pengolahan Data) |
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara
:
|
|||
→
|
Berdiskusi
tentang data dari Materi :
|
||
|
Konsep
Organisasi Kehidupan
|
||
|
|
||
→
|
Mengolah
informasi dari materi Konsep Organisasi Kehidupan yang sudah dikumpulkan dari
hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan
kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
|
||
→
|
Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konsep Organisasi Kehidupan
|
||
Verification
(pembuktian)
|
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
|
||
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya
dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
|
|||
→
|
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :
|
||
|
Konsep
Organisasi Kehidupan
|
||
|
|
||
antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
|||
Generalization
(menarik kesimpulan)
|
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
|
||
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
|
|||
→
|
Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Konsep
Organisasi Kehidupan berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan.
|
||
→
|
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :
|
||
|
Konsep
Organisasi Kehidupan
|
||
|
|
||
→
|
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Konsep Organisasi Kehidupan dan ditanggapi
oleh kelompok yang mempresentasikan.
|
||
→
|
Bertanya
atas presentasi tentang materi Konsep
Organisasi Kehidupan yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
|
||
|
|
||
CREATIVITY (KREATIVITAS)
|
|||
→
|
Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa :
|
||
|
Laporan
hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :
|
||
|
Konsep
Organisasi Kehidupan
|
||
|
|
||
→
|
Menjawab
pertanyaan tentang materi Konsep
Organisasi Kehidupan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
|
||
→
|
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi
Konsep Organisasi Kehidupan yang akan selesai dipelajari
|
||
→
|
Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Konsep
Organisasi Kehidupan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran.
|
||
Catatan
: Selama pembelajaran Konsep
Organisasi Kehidupan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan
|
|||
Kegiatan Penutup (15 Menit)
|
|||
Peserta
didik :
|
|||
●
|
Membuat
resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Konsep Organisasi Kehidupan yang baru
dilakukan.
|
||
●
|
Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran
Konsep Organisasi Kehidupan yang baru diselesaikan.
|
||
●
|
Mengagendakan
materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
|
||
Guru
:
|
|||
●
|
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi
pelajaran Konsep Organisasi Kehidupan
|
||
●
|
Peserta
didik yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk penilaian
tugas
|
||
●
|
Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran
Konsep Organisasi Kehidupan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar